September 04, 2020

Apa Itu Tes Serologi Covid-19 Berbasis Lab? Diklaim Akurat 100 Persen Deteksi Virus Corona

 

Masyarakat mau tak mau harus beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemic virus corona (covid-19).

 

Sebab, hingga kini vaksin dan obat covid-19 sedang dalam proses atau tahapan uji pengembangan klinis.

 

Oleh karenanya, kita wajib mengikuti protocol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, hingga menjaga kesehatan diri.

 

Sementara, rapid test, PCR, atau Swab secara mandiri juga dirasa perlu untuk mendeteksi kondisi kita sebagai langkah preventif agar tetap aman beraktivitas di masa pandemi ini.

 

Adapun,tes serologi covid-19 berbasis lab diklaim memiliki sensitivitas deteksi hingga 100 persen.

 

Pertanyaannya, apa itu tes serologi covid-19 berbasis lab?

 

Tes tersebut merupakan tes antibodi total yang relatif cepat dan berakurasi tinggi, serta dapat dilakukan baik di rumah sakit maupun di luar rumah sakit (mobile testing atau onsite/di tempat).

 

Sama seperti rapid test, tes serologi antibodi ini mendeteksi antibodi seseorang untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi oleh SARS-CoV-2 atau belum.

Namun,tes serologi antibodi memiliki kelebihan karena pengerjaan tes dan deteksinya dilakukan oleh instrumen robotik.

 

Hal ini membuat tingkat sensitivitas mencapai 100 persen. Artinya hampir tidak ada kasus positif yang tidak terdeteksi.

 

Selain sensitivitas yang tinggi, keunggulan lain darites serologi antibodi ini adalah tingkat spesifisitas lebih dari 99.81 persen dan tanpa gangguan atau cross reaksi dari virus flu biasa dan coronavirus lain selain SARS-CoV-2.

Dengan demikian, tes ini dapat mendeteksi antibodi yang timbul dari paparan SARS-CoV-2 atau COVID-19 secara lebih pasti.


Tes serologi antibodi ini telah diakui oleh CE (Conformite Europene), FDA EUA (Emergency Use Authorization), dan NHS serta digunakan di Amerika Serikat, Australia, Eropa, Inggris, dan Singapura.

 

Sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia,Siloam Hospitals  Group bekerja sama dengan unit usaha di bawah naungan Lippo Group meluncurkan program “Merdeka dari COVID-19”.

 

Program itu menyediakan layanan kesehatan terjangkau bagi masyarakat hingga 18 September 2020.

 

"Termasuk menyediakan pilihantes serologi Covid-19 yang terjangkau, hanya Rp 120 ribu," kata Caroline Riady, Wakil Direktur UtamaSiloam Hospitals Group.

 

Adapun unit usaha Lippo Group yang turut mendukung program tersebut antara lain Lippo General Insurance, Bank Nobu, Lippo Mall Indonesia, Matahari Department Store, Hypermart, First Media, Berita Satu, dan Maxx Coffee.

 

Dengan memakai QRIS dari Bank Nobu, pembelian pakettes serologi antibodi seharga Rp 120 ribu sudah termasuk asuransi My Health Protection dari Lippo Insurance.

Itu termasuk santunan sebesar Rp 100 ribu per hari selama 14 hari rawat inap apabila hasil reaktif dan harus di rawat di rumah sakit rujukan COVID-19.


Sumber: 
https://www.tribunnews.com/kesehatan/2020/09/01/apa-itu-tes-serologi-covid-19-berbasis-lab-diklaim-akurat-100-persen-deteksi-virus-corona?page=2

Related News