April 10, 2019

Kenapa Harus Imunisasi?


imunisasiWalaupun sudah banyak yang tahu bahwa imunisasi itu penting, sayangnya masih ada beberapa orang tua di Indonesia yang masih percaya dengan desas-desus atau mitos yang mengatakan anak akan jatuh sakit setelah imunisasi. Apakah Anda termasuk diantaranya? Yuk, baca poin penting berikut ini mengenai imunisasi: 

1. Anak Selalu Sakit Setelah Imunisasi = Mitos
Terkadang setelah anak menerima imunisasi, akan ada respon dari tubuh ketika zat baru masuk ke dalam tubuh, seperti memerah di lokasi suntik atau demam. Kondisi ini wajar terjadi dan biasanya tidak akan berlangsung lama. 

2. Harus Dilakukan Sejak Dini
Imunisasi sangat penting dan disarankan untuk dilakukan sejak lahir (0 bulan) hingga usia 6 tahun, sementara untuk remaja adalah pada rentang usia 7 hingga 18 tahun. Imunisasi penting terutama untuk anak-anak di bawah 7 tahun karena sistem kekebalan tubuh mereka belum membangun pertahanan yang diperlukan untuk melawan infeksi dan penyakit serius, sehingga akan berbahaya jika ada penyakit yang menyerang di usia muda tersebut. 

3. Efek Jangka Panjang
Ketika Anda memilih membiarkan anak tidak mendapatkan imunisasi karena khawatir anak akan rewel, demam, menimbulkan ruam pada daerah bekas suntikan, atau alasan lainnya, pikirkanlah jangka panjang kesehatan anak Anda. 

Jika anak tidak menerima imunisasi secara lengkap, hal tsb bisa berdampak pada kesehatan anak hingga remaja atau bahkan sisa hidupnya, karena tubuh mereka belum memiliki imunitas yang cukup kuat untuk melawan penyakit tertentu. Meskipun tubuh memiliki antibodi sendiri untuk melawan penyakit, imunisasi tetap harus dilakukan untuk mencegah segala kemungkinan buruk yang dapat menyerang.

4. Catat dan Ingat Jadwal Imunisasi

Mengikuti jadwal imunisasi akan mempermudah Anda sebagai orang tua untuk mengontrol dan mengawasi tumbuh kembang serta kesehatan anak. Berikut ini adalah jadwal imunisasi yang direkomendasikan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI):

imunisasi 2

Memilih agar anak tidak mendapatkan imunisasi tidak sebanding dengan kerentanan dan risiko terjangkit penyakit berbahaya yang sebenarnya dapat dicegah. Imunisasi juga bermanfaat tidak hanya untuk melindungi anak Anda, namun juga anak-anak lainnya. Penting bagi anak untuk sehat karena imunisasi agar tidak menjadi sumber atau perantara penyakit kepada anak-anak lainnya.

Imunisasi terbukti mengurangi dan menghilangkan penyakit-penyakit berbahaya yang ada di muka bumi. Untuk itu, marilah imunisasi anak sedari dini untuk menyelamatkan generasi masa depan kita. Konsultasikan dengan dokter atau kunjungi Siloam Hospitals terdekat untuk mengetahui jadwal imunisasi bagi anak Anda.



Related News