September 23, 2019

Bayi Mogok Menyusu? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya!



Bayi Mogok NyusuASI (Air Susu Ibu) merupakan asupan penting untuk bayi hingga berusia 6 bulan. Alasannya, selama 6 bulan pertama kehidupannya bayi belum memiliki enzim pencernaan yang sempurna, sehingga belum bisa mencerna makanan ataupun minuman selain ASI.

Namun, pernahkah bayi Anda menolak menyusu? Jangan khawatir, hal ini sebenarnya wajar saja. Kondisi ini biasanya dikenal dengan sebutan mogok menyusu atau nursing strike. Sebenarnya ini adalah salah satu cara bayi untuk memberitahu Anda bahwa terjadi sesuatu yang tidak nyaman padanya saat proses menyusu.

Ada 2 faktor yang menyebabkan bayi mogok menyusui, sebagai berikut:

1. Faktor dari bayi:

  1. Seorang bayi yang sedang sakit atau cedera, sehingga membuat proses menyusu tidak nyaman (misalnya, adanya infeksi di telinga, hidung tersumbat, sariawan, luka di mulut bayi).
  2. Bayi menderita sakit gusi karena tumbuh gigi. Pada beberapa kasus, bayi menolak menyusu sama sekali karena merasa terganggu dengan apa yang dialaminya.

2. Faktor dari Ibu:

  1. Penggunaan parfum dan deodoran.

    Hal sepele seperti bau parfum dan deodoran ibu yang berbeda dari biasanya juga bisa menjadi faktor pemicu bayi mogok menyusu.

  2. Ibu mengalami stres (seperti kembali bekerja, bepergian, bergerak, sedang terjadi permasalahan keluarga).
  3. Ibu baru-baru ini mengubah pola menyusui (memulai pekerjaan baru, meninggalkan bayi dengan pengasuh lebih lama dari biasanya, menunda menyusui karena sibuk, dll).
  4. Ibu yang baru pertama kali hamil dan persediaan ASI kurang.
  5. Ibu sakit dan/atau minum obat (termasuk beberapa metode kontrasepsi), yang dapat berdampak negatif pada produksi ASI ibu.
  6. Ibu memompa dengan waktu atau dengan frekuensi lebih sedikit saat jauh dari bayi.

Kondisi mogok menyusu memang membuat orang tua sedih dan khawatir. Namun, jangan terburu-buru panik. Tetap tenang dan bawa bayi Anda ke dokter untuk mengonsultasikan penyebab mogok menyusu agar bayi segera mendapat penanganan dan solusi yang tepat.

Dr. dr. Bob Wahyudin, Sp.A(K), CIMI, IBCLC

Dokter spesialis anak

Siloam Hospitals Makassar

Related News