October 09, 2019

Gigi Berlubang Mampu Sebabkan Penyakit Jantung, Bagaimana Bisa?


Kebutuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak bisa dianggap sepele. Terlebih lagi, hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyatakan bahwa 57,6% penduduk Indonesia mengaku mengalami masalah gigi dan mulut. Persentase yang cukup besar tersebut diperparah fakta bahwa hanya 10,2% masyarakat yang mendapat penanganan medis gigi. Padahal, perawatan gigi dan gusi bukan semata-mata untuk mencegah gigi berlubang saja, tetapi juga bermanfaat menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung. Apa hubungannya?

Berawal dari infeksi gusi

Orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki 2-3 kali risiko terkena pemyakit kardiovaskular atau serangan jantung. Hal ini dikarenakan infeksi gusi (periodontitis) yang disebabkan bakteri akibat penumpukan plak, mampu membentuk kantong berisi nanah di area sekitar akar gigi.

Jika tidak segera diatasi, infeksi gusi ini bisa membuat jaringan dan tulang pada gusi mengalami gangguan, kerusakan pada gigi, bahkan masuk ke dalam aliran darah serta menyerang organ tubuh lainnya seperti jantung. Hal ini bisa terjadi karena pembuluh darah yang terkandung dalam gusi mampu mengalirkan bakteri ke anggota tubuh lainnya, sehingga bisa meningkatkan dan memengaruhi penyempitan pembuluh darah.

Cara pencegahan efektif

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Hal yang Anda anggap sepele justru berdampak besar jika tidak dicegah sejak dini. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, sebagai berikut:

  • Jaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi setidaknya dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Hindari menyikat gigi terlalu keras dan gunakan sikat gigi dengan bulu yang halus.
  • Periksakan gigi ke dokter minimal enam bulan sekali.

 Maka itu, rajin lakukan pemeriksaan terhadap kondisi rongga mulut Anda secara lengkap dan menyeluruh. Kepedulian sejak dini mampu membawa Anda terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius. Sebab, gigi bersih dan gusi sehat tak hanya awal dari senyum sehat, tapi juga perlindungan lebih bagi tubuh, terutama jantung Anda.

 

drg. Marsea Sintarso
Dokter gigi
Siloam Hospitals Bangka

Related News