October 15, 2019

Ingin Berhenti Merokok Demi Kesehatan Jantung? Ini Caranya!


Kandungan rokok yang terdiri dari berbagai zat kimia yang beracun, membuatnya menjadi pemicu utama masalah kesehatan. Kandungan tersebut diantaranya nikotin dan karbon monoksida (CO), mampu merusak sel-sel tubuh. Terlebih jika masuk ke paru-paru dan beredar dalam darah, dampaknya bisa lebih mematikan. Hal ini dikarenakan kedua zat tersebut berpotensi tinggi merusak dinding pembuluh darah yang memicu penyakit jantung.

Cara paling mudah untuk menghindari risiko ini adalah berhenti merokok. Memang sulit, tapi bukan berarti tidak mungkin. Bulatkan tekad dan ikuti tiga tips berikut ini:

Kurangi jumlah rokok secara bertahap
Pada umumnya, perokok aktif sangat sulit berhenti merokok secara keseluruhan. Hal ini bisa disiasati dengan mengurangi jumlah rokok secara bertahap. Lakukan secara konsisten. Contohnya, jika Anda merokok sepuluh batang per hari, kurangi menjadi lima batang per hari. Terus praktekkan hingga Anda tak lagi memerlukan rokok untuk konsumsi harian. Disiplin tinggi menjadi kunci keberhasilan tips pertama ini. 

Ganti aktivitas merokok dengan kegiatan lain
Kenali waktu biasanya Anda merokok, lalu ganti aktivitas tersebut dengan kegiatan lain. Contohnya, jika Anda terbiasa merokok pada malam hari, ganti dengan melakukan hobi yang Anda sukai semisal bermain bersama keluarga, menelepon teman untuk berbincang mengenai topik favorit, dan lain-lain. Selain itu, jika Anda terbiasa merokok sehabis makan, ganti rokok dengan buah-buahan atau makanan sehat lainnya. Bisa juga dengan mengemil permen. Cara-cara tersebut bisa dicoba untuk mengalihkan perhatian dan dorongan Anda untuk merokok. 

Lakukan olahraga rutin
Aktivitas olahraga memang banyak manfaatnya, terlebih bagi Anda yang hendak berhenti merokok. Dengan rutin berolahraga, Anda bisa meningkatkan fungsi paru-paru sehingga mampu menetralisir asap rokok yang tertinggal di dalam tubuh. Tipsnya, pilih olahraga favorit Anda, lakukan pada jam yang sesuai dan nyaman. 

Selain tiga tips di atas, Anda juga disarankan berkonsultasi dengan dokter agar bisa berhenti merokok secara maksimal. Terlebih lagi jika Anda telah mengalami penyakit maupun dampak buruk lain dari kebiasaan merokok. Sebab gejala sakit, terutama penyakit jantung, bisa saja tak muncul di awal, tapi diam-diam mampu menyerang. Ayo berhenti merokok sebelum terlambat!

dr. Firman B. Leksmono, Sp.JP
Dokter spesialis jantung & pembuluh darah
Siloam Hospitals Buton


Related News