Rumah Sakit

3 Olahraga yang Aman Bagi Penderita Jantung

jantung

3 Olahraga yang Aman Bagi Penderita Jantung

3 Olahraga yang Aman Bagi Penderita Jantung - Rumah Sakit Siloam Hospitals

3 Olahraga yang Aman Bagi Penderita Jantung

Rumah Sakit

Tue, 19 Sep 2017

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit yang terjadi karena menyempitnya atau tersumbatnya pembuluh darah jantung oleh endapan lemak yang menumpuk di dinding arteri. Pada umumnya PJK terjadi karena pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat, seperti sering mengonsumsi makanan tinggi lemak dan kolesterol, merokok, kurang berolahraga, dan mudah stres.
Menurut dr. Muhammad Iqbal, Sp.JP, FIHA, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Siloam Hospitals Balikpapan, seseorang yang terkena PJK harus segera mendapatkan tindakan pengobatan dari dokter spesialis jantung. Selain itu, penderita jantung juga harus menjalani gaya hidup sehat, yang meliputi melakukan diet seimbang, menghindari makanan tinggi lemak, memeriksakan kondisi jantung secara berkala ke rumah saki maupun doktert, dan juga melakukan olahraga yang aman bagi jantung. Berikut adalah beberapa olahraga yang aman bagi penderita jantung.

Jalan Santai

Olahraga ini dapat dilakukan di mana saja, termasuk di sekitar rumah atau lingkungan rumah Anda. Keuntungan dari olahraga ini adalah tidak akan menguras banyak energi sehingga aman untuk kesehatan jantung Anda.

Jogging

Jogging merupakan olahraga yang aman bagi penderita jantung koroner. Hal ini karena jogging tidak akan memacu jantung untuk bekerja lebih keras. Olahraga ini juga baik untuk kesehatan jiwa Anda apabila dilakukan bersama-sama dengan pasangan, keluarga, atau teman-teman.

Berenang

Berenang tidak hanya baik untuk kesehatan sendi tetapi juga baik untuk kesehatan jantung Anda. Jika dilakukan secara rutin, olahraga ini dapat membantu menguatkan otot-otot Anda. Namun, sebelum melakukan olahraga-olahraga tersebut, penting bagi Anda untuk mengikuti panduan berolahraga berikut.
  1. Konsultasi dengan dokter ahli jantung sebelum membuat rencana berolahraga
  2. Selalu lakukan pemanasan sebelum memulai olahraga dan pendinginan setelah selesai berolahraga
  3. Rutin berolahraga 3-5 kali seminggu
  4. Olahraga sekitar 30-45 menit
  5. Membawa nitroglycerin yang telah diresepkan oleh dokter selama berolahraga (jika dibutuhkan)
  6. Hentikan olahraga jika merasa mual, lelah, atau nyeri di dada, pundak, dan leher
  7. Pastikan Anda tidak dehidrasi selama berolahraga
Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,
Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/) Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat