Rumah Sakit

4 Tindakan Untuk Tangani Penyakit Jantung Koroner

jantung

4 Tindakan Untuk Tangani Penyakit Jantung Koroner

4 Tindakan Untuk Tangani Penyakit Jantung Koroner - Rumah Sakit Siloam Hospitals

4 Tindakan Untuk Tangani Penyakit Jantung Koroner

Rumah Sakit

Wed, 13 Dec 2017

Tahukah Anda, apa saja tindakan yang dapat dilakukan untuk menangani penyakit jantung koroner (PJK)?

Menurut dr. Maizul Anwar, Sp.BTKV, dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, bila seseorang sudah mengalami penyumbatan pada pembuluh darahnya maka perlu untuk dilakukan tindakan lebih lanjut. Terdapat empat tindakan yang dapat dilakukan, yaitu sebagai berikut.

Angioplasti Koroner

Prosedur angioplasti koroner dilakukan untuk membantu membuka penyumbatan atau penyempitan pembuluh darah jantung. Tindakan ini dilakukan dengan cara memasukkan dan mengembungkan balon kecil di bagian pembuluh darah yang menyempit.

Stent

Prosedur angioplasti koroner sering kali dikombinasikan dengan pemasangan stent (ring/cincin) di area yang tersumbat. Tujuannya untuk menjaga dinding pembuluh darah tetap terbuka.

Stent dibutuhkan ketika penderita mengalami penyempitan pada pembuluh darah koroner di bagian jantung. Tepatnya, ketika hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa terdapat penyumbatan 70% atau lebih dari pembuluh darah koroner yang menyempit. Pemasangan stent dapat membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah yang menuju otot jantung kembali lancar.

Operasi Bedah Jantung atau Coronary Artery Bypass Graft (CABG)

Jika sumbatan yang ditemukan saat kateterisasi ternyata sangat banyak dan tidak bisa diatasi dengan pemasangan stent, maka penderita akan dianjurkan untuk menjalani operasi bedah jantung atau Ccoronary Aartery Bbypass Ggraft (CABG).

Operasi bedah jantung adalah prosedur bedah untuk membuat pembuluh darah baru yang melintasi pembuluh darah jantung yang menyempit. Biasanya diperlukan pada kasus-kasus jantung koroner yang tidak bisa diatasi lagi dengan obat-obatan atau penderita yang sudah memasang stent dan tidak dapat diulang lagi, sehingga dibutuhkan tindakan ini.

Penggunaan Obat-Obatan

Tindakan ini biasanya dilakukan di tahap awal ketika penyumbatan pada pembuluh darah belum signifikan. Umumnya, dokter akan menganjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan, seperti obat pengencer darah dan obat anti kolesterol secara teratur.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat