Rumah Sakit

4 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asma

jantung

4 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asma

4 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asma - Rumah Sakit Siloam Hospitals

4 Hal Yang Harus Dihindari Penderita Asma

Rumah Sakit

Tue, 23 Jan 2018

Penyakit asma dapat terjadi pada siapa saja di segala usia, meskipun begitu, asma lebih sering terjadi pada anak-anak di bawah lima tahun dan orang dewasa di usia sekitar 30 tahunan.

Pada umumnya masalah kesehatan ini merupakan penyakit keturunan, tetapi tidak sedikit yang menderita asma karena alergi terhadap sumber tertentu, seperti debu dan asap, makanan, serbuk sari pada bunga, tepung, bulu binatang, bau yang kuat, dan kondisi udara dingin. Selain itu, asma juga dapat muncul ketika seseorang menderita sinusitis yang terus berulang.

Apabila penyakit asma tidak segera ditangani dengan baik maka akan sangat mengganggu penderitanya, bahkan saat melakukan aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, pengobatan yang tepat harus dilakukan untuk mencegah asma agar tidak kambuh lagi.

Pengobatan pada asma dilakukan untuk membuat otot-otot pada saluran pernapasan berelaksasi, membuka saluran pernapasan yang mengecil dan mencegah terjadinya peradangan. Menurut Prof. Dr. Hadiarto Mangunnegoro, Sp.P(K), pengobatan asma dapat dilakukan melalui pemberian obat secara oral atau diminum, maupun penggunaan obat secara inhalasi.

Selain dengan terapi obat, penyakit asma juga dapat dihindari dengan menjauhi hal-hal yang menjadi faktor pencetusnya. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari atau diwaspadai bagi penderita asma.

Mengonsumsi Makanan Pemicu Alergi

Hindari makanan-makanan yang dapat memberikan reaksi pada tubuh, misalnya kacang-kacangan bagi mereka yang alergi terhadap kacang atau makanan laut bagi mereka yang alergi makanan laut.

Melakukan Olahraga yang Terlalu Berat

Olahraga yang terlalu berat dan dengan porsi berlebihan dapat memicu kambuhnya asma. Adapun olahraga yang baik bagi penderita asma adalah olahraga yang dapat melatih pernapasan, seperti berenang dan yoga.

Udara yang Kurang Bersahabat

Udara dingin biasanya membuat asma kembali kambuh. Kondisi ini dapat dicegah dengan mengenakan pakaian yang dapat menghangatkan tubuh, serta mengonsumsi minuman atau makanan yang hangat-hangat.

Lingkungan yang Kurang Sehat

Lingkungan yang kurang sehat dapat berupa hunian yang dekat dengan pabrik, paparan asap rokok dan tempat tinggal yang kurang higienis. Oleh karena itu, cara yang bisa dilakukan adalah memilih lingkungan tempat tinggal yang sehat, menghindari paparan asap rokok dan tidak merokok, serta membersihkan rumah dengan teratur agar debu dan tungau tidak berkembang biak.

Untuk hasil yang lebih optimal dalam menangani gangguan asma sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia, Siloam Hospitals siap membantu menangani gangguan asma Anda.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https:// www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat