Rumah Sakit

6 Pola Hidup Sehat Cegah Kanker Payudara

jantung

6 Pola Hidup Sehat Cegah Kanker Payudara

6 Pola Hidup Sehat Cegah Kanker Payudara - Rumah Sakit Siloam Hospitals

6 Pola Hidup Sehat Cegah Kanker Payudara

Rumah Sakit

Wed, 25 Apr 2018

Tahukah Anda bahwa kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi pada wanita? Di Indonesia, pencari pengobatan kanker payudara terbanyak (60-70%) didapatkan pada stadium lanjut (stadium III dan IV). Selain faktor genetik, tidak sedikit kasus kanker payudara yang berkaitan dengan faktor gaya hidup tidak sehat. Untuk itu, simak kiat sehat mencegah kanker payudara berikut ini.

Pertama, cara paling mudah untuk mencegah kanker payudara adalah dengan menjalankan kebiasaan hidup sehat, seperti menjaga pola makan dengan asupan yang sehat serta berhenti/tidak merokok dan minum alkohol.

Kedua, menjaga imunitas tubuh dengan memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung riboflavin, betakaroten, kalsium, folat, lutein, vitamin A, dan vitamin D seperti ikan salmon, yogurt, kacang-kacangan, wortel, brokoli, dan sayuran hijau.

Ketiga, tubuh juga memerlukan asupan buah-buahan yang mengandung antioksidan untuk mencegah kanker payudara. Kandungan antioksidan sendiri banyak terdapat pada buah-buahan seperti apel, belimbing, kiwi, jeruk, alpukat, mangga, pepaya, dan semangka.

Keempat, hindari mengolah makanan dengan cara dipanggang atau dibakar sampai hangus kehitaman, digoreng pada suhu tinggi menggunakan minyak goreng, serta yang diawetkan dengan garam natrium nitrit seperti daging olahan. Berbagai olahan makanan tersebut mengandung zat karsinogenik yang dapat memicu kanker.

Kelima, setiap wanita terutama yang berusia di atas 50 tahun, wajib menjaga berat badan agar tetap ideal, karena wanita yang kelebihan berat badan dan sudah menopause lebih berisiko terkena kanker payudara. Hal itu karena sel-sel lemak dalam payudara dapat memicu peningkatan kadar estrogen (penyebab kanker payudara) dalam jumlah besar,terutama bagi wanita lanjut usia.

Keenam, untuk mengimbangi pola hidup sehat melalui makanan bergizi, lakukanlah olahraga ringan secara teratur seperti senam aerobik, bersepeda, dan berjalan santai. Luangkanlah waktu selama 30 menit untuk olahraga, minimal 2 kali dalam seminggu.

Itulah keenam langkah pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker payudara. Apabila Anda ingin melakukan pemeriksaan dini tentang kesehatan payudara, dapat berkonsultasi dengan dokter di rumah sakit.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami.

Instagram: @siloamhospitals

Facebook Page: Siloam Hospitals

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat