Rumah Sakit

Penyakit Jantung Koroner dan Faktor Risikonya

jantung

Penyakit Jantung Koroner dan Faktor Risikonya

Penyakit Jantung Koroner dan Faktor Risikonya - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Penyakit Jantung Koroner dan Faktor Risikonya

Rumah Sakit

Wed, 13 Dec 2017

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan salah satu penyakit yang fatal dan bisa mengakibatkan kematian jika tidak ditangani dengan benar. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda memahami dengan benar apa itu PJK.

PJK atau penyakit jantung koroner sendiri terjadi karena kurangnya asupan darah ke otot jantung yang disebabkan adanya atheroma, sehingga dapat mempersempit pembuluh darah koroner atau lubang arteri jantung. Menurut Dr. Maizul Anwar, Sp.BTKV dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, proses terjadinya PJK biasanya telah berlangsung lama bahkan tahunan. Endapan kolesterol pada dinding pembuluh darah koroner yang menyumbat di pembuluh darah koroner ini, biasanya mulai terjadi ketika seseorang masih berusia muda. Semakin lama, endapan kolesterol dapat menebal dan menonjol ke dinding bagian dalam pembuluh darah koroner.

Ada tiga faktor risiko yang dapat memperbesar peluang seseorang dapat terkena PJK. Ketiga faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Faktor Risiko Yang Tidak Dapat Diubah

  1. Usia
  2. Menopause dini
  3. Keturunan

Faktor Gaya Hidup

  1. Kebiasaan merokok
  2. Konsumsi produk hewani secara berlebih
  3. Kurangnya konsumsi sayur dan buah-buahan
  4. Jarang berolahraga

Faktor Risiko Klinis

  1. Pada penderita hipertensi, tekanan darah yang terus meningkat dalam jangka panjang akan menyebabkan terbentuknya kerak (plak), sehingga dapat mempersempit pembuluh darah koroner.
  2. Pada penderita diabetes, apabila gula darah terus mengalami peningkatan, maka glukosa akan menjadi pekat dan mendorong terjadinya pengendapan atau pengerasan pada dinding arteri jantung sehingga berisiko alami PJK.
  3. Pada penderita yang mengalami gagal ginjal dapat terjadi peningkatan kadar kolesterol dan penyempitan dini pembuluh koroner.
  4. Pada penderita kelainan lemak darah (trigliserida), apabila kadar lemak di dalam darah berlebih, maka akan memperbesar risiko penyumbatan darah di seluruh tubuh, terutama pembuluh darah di otak dan pembuluh koroner jantung.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat