Rumah Sakit

Pertolongan Pada Serangan Jantung

jantung

Pertolongan Pada Serangan Jantung

Pertolongan Pada Serangan Jantung - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Pertolongan Pada Serangan Jantung

Rumah Sakit

Wed, 13 Dec 2017

Saat menemukan seseorang mengalami serangan jantung, reaksi apakah yang pertama kali Anda tunjukkan? Tentu Anda akan merasa panik bukan? Namun, tahukah Anda bahwa sangatlah penting untuk tidak panik saat menemukan seseorang terkena serangan jantung? Hal ini karena rasa panik akan membuat Anda tidak dapat memberikan pertolongan.

Menurut dr. Jeffrey Wirianta, Sp.JP, FIHA, RS Jantung Diagram, bila korban masih dalam keadaan sadar, segeralah memintanya untuk beristirahat. Posisikan korban dengan cara berbaring ataupun duduk. Kemudian, longgarkan pakaian korban dan segera berikan aspirin (bila ada), oksigen (bila ada), serta segera meminta pertolongan ke rumah sakit.

Namun, penting untuk diperhatikan bahwa pasien yang pernah dinyatakan mengalami penyakit jantung koroner, biasanya telah memiliki obat Isosorbid Dinitrat/ISDN yang dapat segera digunakan di bawah lidah. Segera minumkan obat tersebut ke korban sebanyak 3 kali secara berturut. Bila setelah 3 kali penggunaan obat, nyeri dada masih terasa, sebaiknya segera dibawa ke rumah sakit.

Di saat memberikan pertolongan, korban harus diupayakan tetap sadar. Selain itu, tanda-tanda vital korban harus terus dipantau, seperti: tekanan darah, nadi, dan pernapasannya. Dan jangan berikan korban makanan karena dikhawatirkan korban mengalami muntah. Meski begitu, korban diperbolehkan untuk minum.

Di samping itu, perlu diperhatikan juga “golden time” dari serangan jantung, yakni 6 jam pertama sejak terjadinya serangan jantung. Bila arteri koroner yang menyempit atau tersumbat dapat berhasil dibuka kembali dalam waktu tersebut, baik dengan obat maupun tindakan, kemungkinan kondisi jantung untuk dapat kembali pulih tanpa terjadi risiko kerusakan jantung yang permanen lebih besar.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat