Rumah Sakit

Alergi Pada Anak dan Bagaimana Cara Mencegahnya

jantung

Alergi Pada Anak dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Alergi Pada Anak dan Bagaimana Cara Mencegahnya - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Alergi Pada Anak dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Rumah Sakit

Wed, 11 Jan 2017

Alergi merupakan reaksi kekebalan tubuh yang menyimpang sehingga menimbulkan gejala yang merugikan tubuh. Beberapa penyakit alergi yang sering dijumpai pada anak adalah alergi susu sapi, dermatitis atopic (eksim), alergi makanan, urtikaria, asma, dan rhinitis. Alergi pada anak hanya mengenai anak yang mempunyai bakat alergi, disebut atopic. Bakat atopic atau alergi diturunkan oleh salah satu atau kedua orang tuanya. Bila kedua orang tua memiliki gejala alergi yang sama, risiko alergi anak meningkat 60-80 persen. Jika kedua orang tua memiliki riwayat alergi, 40-60 persen anak berisiko terkena alergi. Sementara orang tua yang tidak memiliki riwayat alergi, risiko anak menurun menjadi 5-15 persen. 

Pencegahan alergi dapat dilakukan sejak dini dengan pemberian ASI eksklusif. Pada bayi yang mendapat ASI eksklusif tapi dijumpai alergi yang mungkin terjadi karena alergi susu sapi, ibu dianjurkan untuk melanjutkan ASI eksklusif dengan membatasi konsumsi susu formula dan produk dari susu sapi. 

Intervensi juga bisa dilakukan dengan menghindari factor penyebabnya. Misal, tungau debu rumah, polusi asap rokok, dan semprotan obat nyamuk, dll. Untuk menghindari alergi kulit, hal yang disarankan untuk dihindari adalah penggunaan krim atau emollient pada kulit anak sebelum pergi ke luar rumah. Gunakan sabun yang ringan atau lembut dengan pH neutral.

Silahkan kunjungi Instagram kami @siloamhospitals dan Facebook Page kami Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/).

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat