Rumah Sakit

Apa Itu Biopsi Hati

jantung

Apa Itu Biopsi Hati

Apa Itu Biopsi Hati - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Apa Itu Biopsi Hati

Rumah Sakit

Sun, 02 Sep 2018

Tahukah Anda apa itu biopsi hati? Biopsi hati merupakan cara terbaik untuk mengukur kadar kerusakan pada hati yang dilakukan di dalam tubuh, di antaranya untuk mendiagnosis atau mengetahui benjolan yang ada pada tubuh apakah benjolan infeksi atau neoplasma. Tindakan biopsi umumnya dilakukan pada pasien yang memiliki gangguan fungsi hati atau infeksi kronis yang sudah menyebabkan gangguan jaringan ikat pada hati, mengalami penyakit kuning yang tiba-tiba dan belum jelas penyebabnya, mengalami pembesaran hati yang tampak dari pemindaian saat diagnosa, memiliki hasil tes sinar-X, ultrasonografi, dan CT Scan yang abnormal pada organ hati.

Selain itu, tindakan biopsi juga perlu dilakukan pada pasien yang dicurigai menderita penyakit pada hati, seperti kanker hati, sirosis (pengerasan) hati, atau hepatitis, mempunyai tumor atau kanker pada hati, mempunyai jumlah enzim transaminase aspartat (AST) dan transaminase alaine (ALT) yang abnormal, pasien yang diduga mengalami jenis penyakit hati lainnya, seperti Penyakit Wilson atau hemokromatosis (penyakit kelebihan zat besi), pasien yang sedang dalam pengobatan methotrexate (obat anti-metabolisme), pasien yang sudah pernah menjalani transplantasi hati, serta pasien yang menderita demam secara berkepanjangan tanpa alasan yang jelas.

Teknik biopsi hati yang dapat dilakukan terbagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

Biopsi Laparoskopi

Yaitu dengan memasukkan tabung pipih yang dipasangkan sebuah kamera kecil melalui sayatan. Kamera akan mengirimkan gambar hati yang akan ditampilkan pada sebuah monitor, yang akan digunakan oleh dokter sebagai acuan saat sampel jaringan dari hati diambil. Biopsi laparoskopi liver paling efektif jika jenis sampel jaringan hati yang dibutuhkan lebih dari satu titik pada hati.

Biopsi Transvena

Teknik biopsi ini biasanya digunakan bagi pasien yang memiliki masalah pembekuan darah. Tindakan biopsi ini menggunakan kateter (pipa pipih) yang dimasukkan ke dalam pembuluh darah vena dari bagian tubuh tertentu, seperti dari leher, dan dokter akan mengarahkan kateter tersebut ke arah hati. Jarum biopsi kemudian akan diarahkan ke bagian hati melalui kateter dan sampel jaringan hati dapat diperoleh.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat