Rumah Sakit

Apakah Anda sedang hamil? Waspada akan bahaya preeklampsia

jantung

Apakah Anda sedang hamil? Waspada akan bahaya preeklampsia

Apakah Anda sedang hamil? Waspada akan bahaya preeklampsia - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Apakah Anda sedang hamil? Waspada akan bahaya preeklampsia

Rumah Sakit

Mon, 30 May 2016

Apakah Anda sedang hamil? Apabila ya, waspadalah akan bahaya preeklampsia, sebuah komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan adanya protein pada urin (proteinuria).
Gejala preeklampsia timbul pada usia kehamilan di atas 20 minggu atau selama masa nifas (6 minggu setelah melahirkan). Preeklampsia yang tidak disadari oleh ibu hamil bisa berkembang menjadi eklampsia (kejang dan penurunan kesadaran) yang bisa mengancam jiwanya dan janin. Selain hipertensi, beberapa gejala dan tanda lainnya dari preeklampsia adalah nyeri kepala; pandangan kabur; sesak napas; mual/ muntah; pembengkakan pada wajah, tangan, dan kaki; gangguan fungsi hati; dan menurunnya jumlah trombosit.

Preeklampsia timbul akibat kehamilan sehingga penanganan utama adalah dengan melahirkan bayi. Tentu menjadi masalah untuk bayi yang masih prematur dan memerlukan banyak pertimbangan.
Komplikasi yang dapat menyertai preeklampsia adalah eklampsia, solusio plasenta (lepasnya plasenta sebelum bayi lahir), gagal ginjal akut, edema paru (penumpukan cairan di paru-paru), gangguan pembekuan darah hingga stroke dan kematian.

Resiko pada janin dari ibu yang mengalami preeklampsia adalah gangguan pertumbuhan dalam rahim dan lahir prematur beserta segala komplikasinya hingga kematian. 
Hingga saat ini preeklampsia masih merupakan salah satu dari tiga penyebab kematian ibu terbanyak, karena itu sangatlah penting bagi seorang ibu hamil untuk memeriksakan kehamilannya secara rutin untuk mengetahui tanda-tanda bahaya selama kehamilan.

#SiloamHospitals
#HealthcareExcellence
#Hypertension

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat