Rumah Sakit

Bahaya Bermain Smartphone Sambil Berjalan

jantung

Bahaya Bermain Smartphone Sambil Berjalan

Bahaya Bermain Smartphone Sambil Berjalan - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Bahaya Bermain Smartphone Sambil Berjalan

Rumah Sakit

Fri, 24 Jun 2016

Di era teknologi saat ini, makin banyak orang yang sulit terlepas dari smartphone nya, bahkan sambil menunduk melihat layar smartphone saat berjalan. Kebiasaan ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan keselamatan diri Anda, seperti sakit leher dan punggung yang sekarang banyak dialami anak-anak, penjambretan atau pembegalan, tersandung dan terpeleset, menabrak dan ditabrak, hingga jatuh ke dalam lubang.
Ketika sebagian besar orang telah mulai melakukannya, maka sudah seharusnya Anda memikirkan keamanan diri Anda sendiri. Sekalipun Anda memutuskan untuk 'mencoba' agar tidak melihat ke layar smartphone ketika sedang berjalan, Anda kadang akan mulai merasa tidak nyaman.

Sebuah studi menyatakan bahwa pejalan kaki dengan rentang usia 18 - 34, yang memiliki kebiasaan untuk menggunakan smartphone ketika sedang berjalan, akan mulai mengalami masalah kesehatan. Banyak dari mereka yang dilarikan ke Unit Gawat Darurat karena mereka mengalami masalah pada punggung, kepala, dan leher.

Menggunakan smartphone ketika sedang berjalan bisa memberi beban pada tulang punggung hingga sekitar 25 kg. Lama kelamaan, leher Anda akan turun dan membentuk sudut tertentu. Pada sudut 15 derajat, maka tulang punggung Anda akan merasakan beban 16 kg. Pada sudut 30 derajat, maka akan meningkat hingga 20 kg. Pada sudut 45 derajat akan menjadi 23 kg dan pada sudut 60 derajat, seseorang seharusnya merasakan beban hampir 30 kilogram di tulang punggungnya. Sama seperti menggendong seorang anak kecil di punggung Anda.
Jangan sepelekan masalah ini, karena tidak hanya sebatas terluka, kematian pun bisa saja terjadi bila Anda kurang beruntung. Jika Anda sedang di luar dan berjalan, Anda bisa simpan dulu atau berdiam diri sejenak jika mau memakainya, namun sebaiknya posisi Anda tidak menunduk saat melihat smartphone Anda.

Mari kurangi kebiasaan buruk tersebut demi kenyamanan dan keselamatan Anda juga pengguna jalan lainnya.

Silahkan kunjungi Instagram kami @siloamhospitals dan Facebook Page kami Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/).

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat