Rumah Sakit

Hindari Komplikasi Diabetes Dengan Deteksi Dini

jantung

Hindari Komplikasi Diabetes Dengan Deteksi Dini

Hindari Komplikasi Diabetes Dengan Deteksi Dini - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Hindari Komplikasi Diabetes Dengan Deteksi Dini

Rumah Sakit

Sun, 02 Sep 2018

Penyakit diabetes memang tidak dapat disembuhkan, namun penyakit ini dapat dikendalikan dengan melakukan deteksi dini. Dengan deteksi dini, maka kadar gula darah dapat dikendalikan sehingga terhindar dari komplikasi.

Apabila tidak dilakukan deteksi dini, maka diabetes dapat menimbulkan komplikasi berupa ketoasidosis diabetik (KAD) atau kondisi di mana gula darah terlampau tinggi. Pada diabetes melitus (DM) tipe 1, KAD lebih sering terjadi, bahkan tak jarang pasien baru terdiagnosis DM tipe 1 setelah dirawat di RS. Sedangkan pada DM tipe 2, umumnya KAD disebabkan oleh faktor tertentu, seperti penghentian obat diabetes yang lama dan adanya kondisi medis yang berat (infeksi, stroke, serangan jantung, dll).

Menurut dr. Jimmy Tandradynata, Sp.PD dari Siloam Hospitals TB Simatupang, sangatlah penting bagi penderita diabetes untuk melakukan deteksi sejak dini sehingga penanganan dapat segera dilakukan. Pada umumnya, deteksi dini yang dilakukan berupa tes urine untuk memeriksa kandungan glukosa. Pada kondisi normal, urine tidak mengandung glukosa. Sedangkan bagi penderita diabetes, kandungan glukosa akan menumpuk dan mengalir ke ginjal serta urine.

Jika dipastikan terdapat glukosa dalam urine, dokter akan menyarankan pasien untuk melakukan tes darah untuk memastikan diagnosis. Sampel darah umumnya akan diambil sebanyak dua kali, yaitu glukosa puasa dan dua jam setelah makan. Sampel darah untuk tes glukosa puasa dilakukan pagi setelah berpuasa selama 8—12 jam. Lalu, akan diberi segelas air mengandung gula dengan kadar yang telah ditentukan. Dua jam setelahnya, sampel darah kembali diambil untuk tes glukosa guna memastikan aktivitas insulin dalam tubuh.

Selain itu, diperlukan juga tes HbA1c. Dengan tes HbA1c, maka akan diketahui kadar gula rata-rata dalam darah selama 2—3 bulan terakhir. Umumnya, tes ini digunakan sebagai pemeriksaan awal untuk orang yang berisiko mengidap diabetes. Kini, tidak ada lagi alasan untuk Anda tidak melakukan deteksi diabetes sedari dini. Mari lakukan deteksi dini diabetes untuk cegah komplikasi diabetes di rumah sakit Siloam terdekat.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat