Rumah Sakit

Jenis makanan dapat membantu proses pembekuan darah!

jantung

Jenis makanan dapat membantu proses pembekuan darah!

Jenis makanan dapat membantu proses pembekuan darah! - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Jenis makanan dapat membantu proses pembekuan darah!

Rumah Sakit

Mon, 30 May 2016

Selain penanganan dan pengobatan, nutrisi juga menjadi bagian penting yang tak boleh dilewatkan dalam merawat penderita hemofilia. Beberapa jenis makanan disarankan untuk diberikan kepada penderita hemofilia. Hemofilia tidak dapat disembuhkan, namun beberapa jenis makanan dapat membantu proses pembekuan darah dan membantu mengurangi risiko terjadinya perdarahan yang berlebihan. Apa sajakah makanan-makanan tersebut?
.
• Makanan yang mengandung vitamin K
Asupan nutrisi makanan yang kaya akan vitamin K dapat membantu mengatasi efek hemofilia. Vitamin K berperan dalam pembentukan protrombin yang berperan dalam proses pembekuan darah. Selain itu, vitamin K juga berperan dalam pembentukan glikogen yang dapat meningkatkan fungsi hati saat proses pembekuan darah. Ibu dapat menyajikan makanan kaya akan vitamin K dari bayam, kedelai, roti gandum, dan brokoli.
.
• Makanan yang mengandung vitamin C
Vitamin C dikenal dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ternyata, vitamin C juga dapat meningkatkan pembekuan darah. Asupan vitamin C juga dapat membantu tubuh dalam memproduksi kolagen yang berperan penting dalam mengurangi memar berlebihan yang berkaitan dengan penyakit hemofilia. Ada banyak buah dan sayuran kaya vitamin C yang dapat disajikan untuk penderita hemofilia, seperti apel, strawberry, kiwi, pepaya, nanas, jeruk, bayam, kubis, dan paprika.
.
• Makanan tinggi kalsium
Kalsium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tulang dan gigi. Mineral juga dapat mendukung pembentukan trombosit dan pembekuan darah. Konsumsi makanan kaya kalsium dapat membantu mencegah luka dengan perdarahan berlebihan pada penderita hemofilia. Beberapa sumber makanan kaya kalsium dapat diperoleh dari produk susu (hewani maupun nabati), tahu, asparagus, dan brokoli.
.

Untuk lebih menunjang kesehatan atau kondisi darah anda, sebaiknya perhatikan juga hal-hal berikut: 
1. Menjaga pola makan. Makanan yang banyak mengandung gula dan lemak sebisa mungkin dibatasi dan diimbangi karena gula dan lemak ini secara tidak langsung dapat mencemari darah dan dapat menghambat dalam proses pembekuan darah.
2. Berhenti merokok. Di dalam rokok mengandung zat-zat berbahaya yang dapat mencemari darah dan dapat menghambat pembekuan darah.
3. Kurangi konsumsi alkohol. Zat dalam alkohol juga dapat mencemari darah dan menghambat pembekuan darah.
.

#‎SiloamHospitals
#‎HealthcareExcellence
#‎Hemophilia

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat