Rumah Sakit

Kenali Meningitis Pada Anak

jantung

Kenali Meningitis Pada Anak

Kenali Meningitis Pada Anak - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Kenali Meningitis Pada Anak

Rumah Sakit

Tue, 23 Jan 2018

Meningitis merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, namun kurang lebih sekitar 70% terjadi pada usia di bawah lima tahun. Hal ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh di usia tersebut belum terbentuk secara sempurna.

Menurut dr. Prastiya Indra Gunawan, Sp.A, Dokter Spesialis Anak dari Siloam Hospitals Surabaya, meningitis adalah infeksi yang terjadi pada selaput pelindung (meninges) yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang. Selain itu, meningitis bukanlah penyakit turunan, melainkan penyakit yang disebabkan infeksi bakteri dan virus.

Bakteri penyebab meningitis, antara lain Meningococcal, Pneumococcal, Haemophilus influenzae B (HiB), Group B Streptococcal (GBS), E. Coli, dan Listeria . Sementara, virus yang menyebabkan meningitis umumnya merupakan virus yang menyebar melalui udara atau lingkungan yang tidak higienis. Ketika seseorang terkena meningitis, biasanya mereka akan mengalami beberapa gejala seperti berikut ini.

  • Demam tinggi dengan tangan dan kaki yang terasa dingin
  • Kejang-kejang
  • Tampak bingung, lemas, dan kurang responsif
  • Tampak bingung, lemas, dan kurang responsif
  • Muncul ruam merah pada kulit
  • Mudah mengantuk dan sulit dibangunkan
  • Hilang nafsu makan
  • Muntah-muntah

Di samping gejala-gejala tersebut, meningitis juga dapat menimbulkan dampak yang sangat serius, meskipun dampak yang ditimbulkan dapat berbeda-beda tergantung dari jenis bakteri dan virus penyebab meningitis. Namun, dampak paling umumnya ialah sebagai berikut.

  1. Meningitis dapat memengaruhi tumbuh kembang anak, seperti kehilangan pendengaran secara parsial atau total.
  2. Gangguan konsentrasi, seperti anak sulit memusatkan perhatian saat bermain, atau sering seperti tidak mendengarkan bila diajak bicara.
  3. Anak juga berisiko mengalami masalah dalam koordinasi dan keseimbangan, kesulitan belajar yang bisa bersifat sementara atau permanen, gangguan bicara, penglihatan hilang sebagian atau total, epilepsi, hingga lumpuh otak.
  4. Mengakibatkan munculnya gangren, yaitu jaringan rusak yang akan mati. Jaringan ini dirusak oleh racun yang dihasilkan oleh bakteri yang masuk ke dalam darah. Bilamana kerusakan jaringannya sangat parah, maka mungkin diperlukan prosedur amputasi seperti pada lengan dan kaki.

Sebagai langkah pencegahan, saat ini sudah tersedia vaksin-vaksin yang dapat mengurangi kemungkinan terkenanya meningitis. Vaksin untuk mencegah terjadinya meningitis akibat bakteri, yaitu vaksin Hib (Haemophilus influenza tipe B) dan vaksin terhadap Streptococcus pneumoniae. Sementara, vaksin anti virus untuk mencegah meningitis virus, antara lain vaksin influenza, cacar air (varicella), polio, dan MMR (Mumps, Measles, and Rubella). Pemberian vaksin sangatlah penting mengingat meningitis merupakan penyakit menular. Siloam Hospitals, sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia, siap membantu Anda agar terhindar dari bahaya meningitis.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https:// www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat