Rumah Sakit

Kenali Sejak Dini Gejala Katarak

jantung

Kenali Sejak Dini Gejala Katarak

Kenali Sejak Dini Gejala Katarak - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Kenali Sejak Dini Gejala Katarak

Rumah Sakit

Tue, 10 Oct 2017

Mata merupakan salah satu organ penting bagi manusia. Melalui mata, penyerapan informasi visual dapat diterima manusia dengan baik. Namun, seiring bertambahnya usia, mata dapat mengalami gangguan, di mana salah satunya ialah katarak.

Katarak merupakan penyakit mata yang ditandai dengan terjadinya kekeruhan pada lensa mata, sehingga cahaya dari luar tidak dapat menembusnya. Kekeruhan pada lensa mata sendiri bervariasi sesuai tingkatannya, ada yang tidak terlalu buram hingga buram total.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seseorang terkena katarak. Menurut dr. Novanita, Shirley Satolom, Sp.M dari Siloam Hospitals Manado, penyebab yang paling umum adalah faktor penuaan yang terjadi pada usia di atas 60 tahun. Selain faktor usia, ada pula faktor lainnya seperti faktor genetik, sering terpapar sinar ultraviolet, cedera pada mata, mengonsumsi obat kortikosteroid dalam waktu lama, pernah mendapatkan perawatan medis dengan radiasi, menderita diabetes mellitus dan hipertensi yang berisiko dua kali lebih besar terkena katarak.

Tidak hanya itu, gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol juga bisa meningkatkan risiko terkena katarak. Namun, Anda dapat mencegah katarak dengan melakukan upaya pencegahan sejak dini, yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat, rutin memeriksakan mata pada dokter di salah satu rumah sakit terdekat, dan juga mengetahui apa saja gejala mata katarak. Berikut adalah

  • gejala mata katarak yang penting untuk Anda ketahui.
  • Sensitivitas terhadap warna menjadi berkurang.
  • Ketajaman penglihatan menjadi berkurang.
  • Penglihatan menjadi buram atau berkabut.
  • Lebih silau terhadap cahaya, hingga mengalami kesulitan seperti pada saat mengemudi di malam hari, membaca, ataupun menonton televisi.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat