Rumah Sakit

Langkah Penanganan Scoliosis

jantung

Langkah Penanganan Scoliosis

Langkah Penanganan Scoliosis - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Langkah Penanganan Scoliosis

Rumah Sakit

Fri, 17 Feb 2017

Pada kasus skoliosis dokter akan memulai dengan melakukan pemeriksaan fisik pada bagian tulang belakang, bahu, pinggul dan beberapa area lainnya. Setelah itu, metode X-ray akan dilakukan untuk melihat sudut lengkung tulang belakang atau dikenal juga dengan nama sudut Cobb. Hal ini dilakukan agar dokter dapat memastikan bahwa pasien tersebut benar menderita skoliosis. Selain metode X-ray, terkadang dokter dapat menganjurkan tes lanjutan seperti CT scan. Tes-tes berikut berguna demi menentukan langkah penanganan yang tepat bagi pasien. Setelah melakukan deteksi, setiap pasien akan menjalankan metode penanganan yang berbeda, tergantung dari kurva kelengkungan tulang mereka. Berikut beberapa penanganan yang bisa dilakukan.

1. Skoliosis Ringan (Kurva kelengkungan kurang dari 25 derajat) - Umumnya kasus skoliosis ringan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut karena tulang yang melengkung dapat kembali normal seiring perkembangan anak. Namun, observasi menggunakan X-ray perlu dilakukan setiap enam bulan untuk memantau perkembangan lengkungan.

2. Skoliosis Sedang (Kurva kelengkungan 25 - 45 derajat) - Pada skoliosis sedang, langkah penanganan yang dapat dilakukan dengan penggunaan penyangga (Brace) yang umumnya diberikan hanya kepada anak-anak dalam usia pertumbuhan. Walau tidak dapat menyembuhkan skoliosis, penggunaan penyangga dilakukan untuk mencegah skoliosis bertambah parah. 

3. Skoliosis Berat (Kurva kelengkungan lebih dari 45 derajat) - Pada kasus skoliosis berat, umumnya dokter menganjurkan metode operasi sebagai langkah penanganan lebih lanjut. Langkah operasi dilakukan demi memperkuat tulang belakang dan untuk memastikan bahwa kepala si penderita akan sejajar dengan tulang belakang mereka. Langkah ini dipilih hanya pada saat kurva kelengkungan tulang belakang sudah memasuki batas berat, karena penderita skoliosis parah dikhawatirkan dapat mengalami komplikasi lain jika tidak segera ditangani.

Silahkan kunjungi Instagram kami @siloamhospitals dan Facebook Page kami Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/).

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat