Rumah Sakit

MITOS - Sebelum Berolahraga, Peregangan Dilakukan Setelah Pemanasan

jantung

MITOS - Sebelum Berolahraga, Peregangan Dilakukan Setelah Pemanasan

MITOS - Sebelum Berolahraga, Peregangan Dilakukan Setelah Pemanasan - Rumah Sakit Siloam Hospitals

MITOS - Sebelum Berolahraga, Peregangan Dilakukan Setelah Pemanasan

Rumah Sakit

Tue, 14 Jun 2016

Perlu anda ingat tahap dalam berolahraga dimulai dari peregangan (stretching), pemanasan (warming up), olahraga (playing), dan pendinginan (cooling down). Peregangan bisa dikatakan sebagai gerak refleks seseorang sebelum memulai beraktifitas. Selain itu, peregangan dan pemanasan juga harus disesuaikan dengan olahraga yang akan anda lakukan.
Namun, ada juga yang mengatakan seharusnya pemanasan dahulu, baru peregangan. Langkah ini tidak sepenuhnya salah jika olahraga yang dilakukan adalah olahraga stretching, seperti yoga.

Untuk lebih jelasnya, olahraga atau latihan fisik (exercise) terbagi dalam 3 kategori:

• Aerobic 
Latihan fisik yang dapat meningkatkan kemampuan dan ketahanan kardio (jantung) dan pernapasan anda. Contohnya seperti jogging, berlari, bersepeda, dan berenang.

• Anaerobic (muscle strengthening)
Latihan untuk meningkatkan kekuatan atau penguatan otot yang biasanya dibantu dengan beban, seperti angkat beban.

• Flexibility
Latihan untuk meningkatkan kelenturan tubuh, yang melibatkan gerakan stretching seperti yoga dan pilates

Ketiga latihan fisik ini harus dilakukan seluruhnya untuk mendapatkan kondisi tubuh yang ideal atau baik. Jika anda hanya melakukan aerobik, tubuh anda tentunya tidak akan kuat dan lentur. Begitu juga jika hanya melakukan latihan penguatan otot setiap saat, maka anda akan cepat lelah atau kehabisan napas serta tubuh pun tidak lentur. Lalu saat tahap playing, berlatihlah selama kurang lebih 30 menit untuk medapatkan hasil yang baik, dan jangan lupa 
diawali dengan peregangan juga pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Anda pun bisa menambah intensitas latihan untuk lebih meningkatkan kondisi tubuh anda.

Ingat selalu, bahwa peregangan merupakan REFLEKS tubuh. Sama seperti saat bangun tidur, anda meregangkan tubuh secara tidak sadar atau karena 
kebiasaan. Dengan peregangan tersebut anda mempersiapkan tubuh anda untuk beraktifitas dan mengurangi resiko cedera, seperti kram otot.

Silahkan kunjungi Instagram kami @siloamhospitals dan Facebook Page kami Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/).

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat