Rumah Sakit

Obati Jantung Dengan Angioplasty Dan Bypass

jantung

Obati Jantung Dengan Angioplasty Dan Bypass

Obati Jantung Dengan Angioplasty Dan Bypass - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Obati Jantung Dengan Angioplasty Dan Bypass

Rumah Sakit

Sun, 02 Sep 2018

Rasa sesak napas dan nyeri pada dada merupakan gejala umum dari penyakit jantung. Namun, masih banyak orang yang tidak mengetahui bahwa masalah jantung tersebut timbul karena adanya penyumbatan arteri oleh plak lemak, yang dapat mengganggu peredaran darah dan oksigen ke jantung.

Menurut dr. Antono Sutandar, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari Siloam Hospitals Kebon Jeruk, umumnya penyumbatan arteri dapat dideteksi melalui kateterisasi sehingga keluhan yang berhubungan dengan jantung dapat diobati dengan baik. Tergantung pada kondisi medis yang ditemukan, angioplasty dan pemasangan stent perlu dilakukan.

Angioplasty merupakan metode invasif minimal pelebaran arteri koroner menggunakan kateter balon untuk melebarkan arteri dari dalam. Selain itu, stent merupakan tabung yang terbuat dari logam yang akan dipasang di lokasi penyumbatan untuk menjaga arteri tetap terbuka. Setelah stent ditempatkan, maka pasien akan merasa lebih nyaman, karena stent dapat menjaga darah mengalir ke jantung dengan baik.

Namun, penempatan stent bukan solusi yang tepat untuk pasien dengan penyempitan pembuluh utama kiri lebih dari 50% atau bagi pasien dengan penyakit yang melibatkan tiga atau empat arteri koroner. Pasien tersebut umumnya dianjurkan untuk mendapatkan penanganan berupa Coronary Artery Bypass Graft (CABG).

CABG adalah bentuk operasi bypass yang dapat membuat pembuluh darah baru dari aorta (pembuluh nadi besar) melewati pembuluh darah koroner yang menyempit sehingga otot-otot jantung mendapat pasokan darah yang cukup untuk kebutuhan kerja jantung.

Bagi para pasien dengan gejala penyakit jantung, sangatlah disarankan untuk konsultasi dengan dokter spesialis jantung di rumah sakit Siloam terdekat.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat