Rumah Sakit

Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak

jantung

Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Pentingnya Memantau Tumbuh Kembang Anak

Rumah Sakit

Mon, 22 Jan 2018

Setiap orangtua tentu menginginkan anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini karena tumbuh kembang merupakan salah satu aspek penting dalam menilai kualitas hidup anak. Namun, tahukah Anda apa sebenarnya tumbuh kembang pada anak?

Menurut dr. Dave Anderson, SpA, dokter spesialis anak dari Siloam Hospitals Asri, tumbuh kembang anak terdiri dari dua bagian, yaitu tumbuh serta kembang. ‘Tumbuh’ berarti ukuran tubuh yang bertambah, mulai dari berat badan, tinggi badan, dan sebagainya. Parameter pertumbuhan dapat dinilai dengan mengukur berat badan, tinggi badan, dan juga lingkar kepala anak di posyandu, puskesmas, maupun rumah sakit. Orangtua dapat memantau pertumbuhan anak melalui dua grafik, yaitu grafik pertumbuhan dari World Health Organization (WHO) untuk memantau anak berusia < 2 tahun dan grafik Centers for Disease Control and Prevention (CDC) / National Center for Health Statistics (NCHS) untuk anak berusia ≥ 2 tahun.

Sementara, ‘kembang’ merupakan bertambahnya kemampuan struktur dan fungsi tubuh seorang anak. Untuk parameter tahap perkembangan dapat dinilai dengan melihat beberapa aspek berikut ini.

Motorik Kasar

Motorik kasar merupakan parameter untuk menilai kemampuan anak dalam mengontrol gerakan tubuh yang mencakup gerakan otot besar, seperti merangkak, berjalan, berlari, melompat, memanjat, berguling, berenang, dan sebagainya.

Motorik Halus

Parameter untuk menilai kemampuan anak dalam mengontrol kelenturan jari tangan yang dapat dilihat dari kemampuan untuk menyentuh, menjumput, meraih, mencoret, melipat, dan sebagainya.

Bicara dan Bahasa

Sejak bayi, anak sudah dapat berkomunikasi dengan mengungkapkan perasaannya lewat tangisan. Selanjutnya, anak akan belajar mengembangkan kemampuan berkomunikasinya dengan bahasa. Kemampuan bahasa ini selain membantu anak untuk memahami apa yang dikatakan orang-orang disekitarnya, juga untuk dapat dipahami oleh orang lain.

Kognitif dan Intelegensi

Kemampuan anak dalam memproses, menginterpretasikan dan mengategorikan informasi-informasi yang diperolehnya melalui panca indera. Kemampuan ini selanjutnya akan berkembang menjadi kemampuan berpikir logis yang menentukan apakah anak mampu memahami lingkungannya.

Perilaku Sosial Personal

Kemampuan anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya, memberikan respon dan berbagi pada orang lain.

Pendengaran dan Penglihatan

Kemampuan anak dalam mengolah informasi audio dan visual yang ada untuk memahami hal yang ada di lingkungan sekitarnya.

Untuk memeriksa perkembangan anak, pada umumnya dilakukan dengan menggunakan alat Kuesioner Pra Skrining Perkembangan (KPSP) dan Denver II .Atau, bisa juga dengan Kuesioner Masalah Perilaku Emosional (KMPE), Modified Checklist for Autism in Toddler (M-CHAT), dan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas (GPPH). Pemeriksaan untuk perkembangan anak perlu dilakukan secara berkala, karena tantangan perkembangan akan semakin tinggi seiring bertambahnya usia anak. Siloam Hospitals, sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia, siap membantu Anda dalam memastikan proses pertumbuhan dan perkembangan anak Anda.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https:// www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat