Rumah Sakit

Proses Penanganan Gangguan Fungsi Hati

jantung

Proses Penanganan Gangguan Fungsi Hati

Proses Penanganan Gangguan Fungsi Hati - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Proses Penanganan Gangguan Fungsi Hati

Rumah Sakit

Sun, 02 Sep 2018

Proses penyembuhan gangguan fungsi hati sangatlah tergantung dari penyebabnya. Bila penyebabnya berasal dari luar, maka penyembuhan fungsi hati akan terjadi seiring dengan perbaikan penyebabnya. Bila penyebabnya dari hati, maka penyembuhannya akan sangat bergantung pada tahap mana kerusakan hati telah terjadi.

Menurut dr. Alvin Sangkereng, SpPD dari Siloam Hospitals Makassar, apabila kerusakan hati diketahui lebih dini, seperti di tahap peradangan hati dan mendapatkan penanganan yang baik, maka fungsi hati dapat kembali normal. Namun, apabila penyakit tersebut sudah sampai pada tahap sirosis hati, maka kerusakan tidak dapat disembuhkan lagi.

Pengobatan yang dilakukan pada gangguan fungsi hati sangatlah bergantung dari faktor penyebabnya. Hal ini ditandai dengan penyakit yang disebabkan infeksi virus hepatitis akan diberikan obat anti virus untuk menekan jumlah virus agar tidak terjadi kerusakan sel hati yang lebih luas. Apabila penyebabnya karena konsumsi alkohol yang berlebihan, maka disarankan untuk berhenti minum minuman beralkohol. Sedangkan apabila penyebabnya karena perlemakan hati, maka disarankan untuk menurunkan berat badan, olahraga yang teratur, dan mengurangi konsumsi makanan berlemak.

Salah satu langkah pengobatan yang dapat dilakukan adalah dengan pemeriksaan abnormalitas enzim hati. Pemeriksaan ini dapat memberikan informasi mengenai gangguan integritas hati, kolestasis, serta tingkat keparahannya. Diagnosis tersebut menggunakan gabungan beberapa hasil pemeriksaan. Hal itu disebabkan oleh sifat hasil pemeriksaan laboratorium pada penyakit hati yang tidak spesifik dan tidak sensitif. Bersifat tidak spesifik karena hasil pemeriksaan fungsi dan integritas sel hati dapat dipengaruhi oleh kelainan di luar hati (faktor ekstrahepatik). Sedangkan, bersifat tidak sensitif karena daya cadang fungsi hati sangat besar dan daya regenerasi sel hati sangat cepat, sehingga pada kelainan hati yang ringan hasil laboratorium dapat menunjukkan nilai yang masih normal.

Gangguan integritas pada hati akan diketahui dari peningkatan kadar enzim Serum Glutamic Pyruvate Transaminase (SGPT) dan Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase (SGOT). Gangguan kolestasis (sumbatan aliran empedu) diketahui dari peningkatan nilai Alkaline phosphatase (ALP), Gamma-Glutamyl Transferase (GGT), dan Bilirubin. Sementara, tingkat keparahan hati dapat dinilai dari penurunan kadar Albumin Serum dan pemanjangan Prothrombin Time (PT).

Oleh karena itu, jagalah selalu kondisi hati Anda dengan menerapkan pola hidup sehat serta rutin memeriksakan diri ke dokter.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat