Rumah Sakit

Tips agar Penderita Parkinson Tetap Bahagia di Usia Lanjut

jantung

Tips agar Penderita Parkinson Tetap Bahagia di Usia Lanjut

Tips agar Penderita Parkinson Tetap Bahagia di Usia Lanjut - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Tips agar Penderita Parkinson Tetap Bahagia di Usia Lanjut

Rumah Sakit

Tue, 10 Oct 2017

Parkinson merupakan penyakit yang disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan degeneratif atau penuaan. Penyakit ini menyerang otak dan memengaruhi gerak tubuh karena berkurangnya zat dopamin. Umumnya, seseorang dengan Parkinson akan mengalami penurunan fungsi kognitif, antara lain mudah lupa, kecemasan berlebihan, depresi, insomnia, bicara pelan dan raut muka menjadi datar.

Menurut dr. Frandy Susatia, Sp.S, Dokter Spesialis Saraf di Parkinson’s and Movement Disorder Center, parkinson merupakan penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Namun, dapat diringankan dengan beberapa cara, mulai dari pemberian obat hingga penerapan pola hidup yang sehat seperti sebagai berikut.

Pahami Penyakit dengan Berkonsultasi ke Dokter

Konsultasi dengan dokter spesialis saraf mengenai gejala yang dirasakan untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai penyakit yang diderita adalah cara terbaik untuk tetap bahagia di usia lanjut. Dengan demikian, penderita dapat mengetahui langkah apa yang harus dilakukan agar gejala tidak semakin memburuk. Periksakan juga kondisi secara rutin guna mendapakan pengobatan yang maksimal.

Konsumsi Obat dengan Teratur

Meski penyakit parkinson tidak dapat disembuhkan. Namun, obat dapat mengendalikan gejala parkinson yang muncul dan membantu meningkatkan kualitas hidup.

Rutin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin dapat membantu memperkuat tulang, memperbaiki keseimbangan tubuh, dan juga mencegah kekakuan sendi. Lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari secara konsisten.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi Seimbang

Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah yang kaya akan antioksidan. Hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi, bahan pengawet, junk food, serta minuman bersoda dan beralkohol agar Anda terhindar dari risiko penyakit syaraf.

Hindari Paparan Senyawa Parakuat dan Benturan pada Kepala

Senyawa parakuat banyak terkandung dalam pestisida dan herbisida. Paparan pestisida dan herbisida dalam waktu lama dapat memperparah kerusakan saraf pada otak. Benturan pada kepala juga dapat menimbulkan pendarahan dan kerusakan sel otak.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https://www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat