Rumah Sakit

Waspada Hipoglikemia Pada Bayi

jantung

Waspada Hipoglikemia Pada Bayi

Waspada Hipoglikemia Pada Bayi - Rumah Sakit Siloam Hospitals

Waspada Hipoglikemia Pada Bayi

Rumah Sakit

Tue, 23 Jan 2018

Hipoglikemia merupakan gangguan pada satu atau beberapa hubungan yang mengatur metabolisme glukosa semasa proses makan atau minum dan puasa. Gangguan ini tidak hanya dapat dialami oleh orang dewasa tetapi juga bisa terjadi pada bayi, bahkan sejak bayi dilahirkan.

Menurut dr. Michael Kasendra, SpA dari Siloam Hospitals Makassar, hipoglikemia dapat terjadi sejak lahir dan merupakan salah satu masalah klinis yang umum pada bayi dengan usia kurang dari 1 bulan. Sementara, penyebab hipoglikemia pada masa bayi dan anak-anak dapat bervariasi, seperti karena hiperinsulinemia (produksi insulin yang berlebihan, gangguan metabolik), kurangnya produksi glukosa, infeksi berat, hipertiroid (produksi hormon tiroid yang berlebihan), hipopituitarisme (kelenjar pituitari/hipofis tak mampu memproduksi satu atau lebih hormon), zat beracun, terlahir dari ibu dengan diabetes tipe 1, serta berbagai penyakit lainnya.

Sangatlah penting untuk mecegah hipoglikemia pada bayi. karena otak berkembang dengan cepat dan hipoglikemia maka dapat menghalangi perkembangan dan fungsi otak. Dampak jangka panjang dapat berupa gangguan kognitif, kejang yang berulang, cerebral palsy, dan gangguan pada fungsi sistem saraf otonom.

Gejala pada hipoglikemia pada bayi dapat berupa tremor (gerakan yang kurang terkontrol), refleks moro yang kurang, penurunan kesadaran, kemampuan minum yang berkurang, rewel, suhu tubuh di bawah normal, sesak napas, napas berhenti tiba-tiba, denyut jantung melambat, kejang, koma, bahkan kematian mendadak.

Pada anak besar, gejala dapat berupa pusing, keringat berlebihan, lapar, gelisah kebingungan, letargi, iritabilitas, kemampuan makan dan minum yang berkurang, kejang, koma, dan kematian secara mendadak.

Pencegahan untuk hipoglikemia pada bayi dapat berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Pada umumnya pada bayi prematur atau belum dapat minum dalam jumlah yang cukup, pencegahan dilakukan dengan pemberian cairan infus yang mengandung dekstrosa di rumah sakit. Sedangkan pada kasus infeksi, penanganan infeksi yang tepat dapat mencegah terjadinya hipoglikemia. Pada kelainan metabolik atau hormonal, penanganan yang cepat dan tepat akan mencegah terjadinya hipoglikemia.

Segera konsultasikan kondisi anak Anda ke dokter spesialis anak jika memiliki gejala-gelaja seperti di atas. Siloam Hospitals, sebagai salah satu rumah sakit terbaik di Indonesia, siap membantu Anda menangani kasus medis pada anak Anda.

Cari tahu juga informasi dan tips kesehatan lainnya di media sosial kami,

Instagram: @siloamhospitals (https://www.instagram.com/siloamhospitals/)

Facebook Page: Siloam Hospitals (https:// www.facebook.com/siloamhospitalsgroup/)

rumah sakit

unit gawat darurat

rumah sakit indonesia

rumah sakit terbesar

rumah sakit terbaik

rumah sakit kanker

rumah sakit jakarta

rumah sakit bagus

rumah sakit otak

rumah sakit jantung

jantung

penyakit jantung

perwatan jantung

gejala jantung

dokter jantung

tips sehat